Halaman

Minggu, 06 Juni 2010

Cara praktis untuk Meningkatkan Page View Blog Anda

Sesuai janji saya di akhir artikel sebelumnya, kali ini saya akan mengupas beberapa tips praktis yang bisa anda jalankan untuk lebih meningkatkan page view blog anda.

Tujuan kita menjalankan tips-tips ini pada dasarnya yaitu untuk lebih menambah daya pikat dan daya ikat blog kita. Dengan harapan, pengunjung bisa lebih lama mampir dan lebih merasakan manfaat dari berbagai postingan di blog kita. Juga agar pengunjung merasa lebih nyaman ketika berada di blog kita. Selain itu, tentu saja demi lebih meng-optimalkan postingan-postingan lama (agar tidak sekedar menjadi arsip tanpa pembaca). Ini tipsnya ...

7 Tips Praktis untuk Meningkatkan Page View Blog Anda:


1. Gunakanlah warna putih sebagai warna latar posting dan hitam sebagai warna utama hurufnya.
Ini poin pertama dan utama yang wajib diperhatikan jika anda tidak ingin pengunjung cepat kabur dari blog anda. Percaya atau tidak, warna background posting yang gelap (atau selain putih) akan mengurangi kesan ramah dan terbuka dari blog anda. Pengunjung akan merasa bahwa blog anda lebih bersifat personal dan tertutup (walaupun sebenarnya tidak demikian). Imbasnya tentu saja kurang baik bagi peningkatan page view blog anda.

Sebaliknya, warna latar posting yang cerah (terutama putih) akan lebih memancarkan kesan ramah, hangat, dan terbuka pada para pengunjung. Silakan bandingkan sendiri rasanya (antara warna putih dan warna selain putih sebagai latar posting).

2. Perbanyaklah menulis satu jenis topik, minimal setiap topik berisikan lima postingan/artikel. Jangan lupa pula untuk memberikan label kategori pada tiap postingan di topik tersebut.
Dengan banyak memposting tulisan/artikel untuk satu jenis topik, berarti anda punya peluang untuk menarik dan mengikat satu segmen pembaca yang tertarik dengan topik tersebut. Nah, segmen topik tersebut biasanya dengan suka rela akan mengklik/membuka link-link dalam topik yang disukai atau dibutuhkannya pada blog anda.

Tentunya hal itu akan berdampak positif pada peningkatan page-view blog anda. Apalagi kalau jumlah postingan anda untuk satu topik tersebut sudah banyak (lebih dari 10 postingan misalnya). Hal ini jauh lebih baik daripada anda menulis postingan dengan topik yang sangat beragam, tapi untuk setiap kategori ternyata cuma berisi satu postingan/artikel 


3. Pasanglah menu Kategori pada sidebar dan Artikel Terkait (Related Post) pada akhir postingan anda.

Dua menu ini ibarat 2 sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan (karena saling berkaitan). Agar menu Related Post bisa ditampilkan, anda terlebih dahulu harus memberi label/kategori untuk setiap postingan anda. Dan sebelum memutuskan untuk memasang menu Related Post tersebut, sebaiknya anda harus sudah punya banyak postingan untuk beberapa topik/kategori (ingat poin ke-2 di atas).

Lalu, apa hubungannya dengan peningkatan page view?

Tentu saja sangat berdampak positif. Keberadaan menu Kategoridan Artikel Terkait (Related Post) akan mempermudah pengunjung blog anda untuk menemukan link artikel yang diminati atau dibutuhkannya.

Menu Kategori akan sangat berguna jika pengunjung datang melalui halaman utama (home). Sedangkan menu Related Postakan terasa sangat bermanfaat jika pengunjung sedang berada pada halaman posting/artikel.

Tentu saja keberadaan 2 menu tersebut akan lebih berpotensi untuk meningkatkan page view blog anda (ketimbang tidak ada keduanya).

4. Pasanglah menu Recent Post (posting terbaru) dan Random Post (posting acak) pada sidebar blog anda.
Adanya menu Recent Post akan mempermudah pengunjung blog anda untuk menemukan link judul beberapa postingan yang masih hangat, terutama jika ia berada pada halaman posting (bukan halaman utama). Kalaupun ia sedang berada pada halaman utama, menu Recent Post tetap akan berguna untuk mempermudah/mempercepat ia menemukan link judul posting terbaru, tanpa perlu men-scroll halaman home lebih jauh ke bawah.

Sedangkan adanya menu Random Post juga berpotensi untuk menambah page view blog anda. Menu ini cukup penting untuk menarik lebih banyak segmen pengunjung karena isinya yang merupakan gabungan/daftar posting dari berbagai kategori topik. Bisa jadi, menu Random Post ini akan menjadi gerbang pembuka untuk menarik dan mengikat segmen pengunjung tertentu.

5. Pasanglah menu Top Commentators dan Recent Comments pada sidebar blog anda.
Top Commentators adalah menu yang berisikan daftar nama+link pengomentar terbanyak pada suatu blog (disertai dengan angka jumlah komentar yang telah diberikannya). Keberadaan menu ini akan sangat berpotensi untuk mendorong pengunjung (terutama dari kalangan blogger) untuk banyak berkomentar pada berbagai postingan di blog anda. Sebelum berkomentar, tentu saja ia harus membuka link artikel dan membaca isinya. Nah, dari situlah page view blog anda akan terjadi dan berpotensi untuk mengalami peningkatan dalam waktu tertentu. Banyak komentar = page view meningkat!

Sedangkan mengenai menu Recent Comments sudah saya kupas habis dalam sebuah artikel khusus yang berjudul "Menu Recent Comments : Antara Penting dan Tidak Penting". Hubungannya dengan peningkatan page view? Tentu saja sangat berpengaruh positif dalam mendorong para pengunjung untuk berkomentar. Ingat pesan saya sebelumnya, banyak komentar = page view meningkat!

6. Tulislah judul postingan yang sekiranya menarik, memancing rasa ingin tahu, membuat penasaran, atau kontroversial.

Intinya, minimal dapat memancing keinginan pengunjung untuk meng-klik dan membaca isinya. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan : JANGAN MENIPU PEMBACA! Jangan sekali-sekali berusaha menjebak/menipu pembaca dengan sengaja membuat judul yang menggoda, namun ternyata kurang nyambung dengan isi postingannya. Atau bahkan berbalik 180°.

Saya cukup sering menemukan blogger yang dengan sengaja menjebak para pengunjung dari search-engine lewat MANIPULASI JUDUL POSTINGAN yang terkesan menipu (demi memperoleh trafik gratis).



Bagaimana pun juga, pengunjung anda adalah manusia yang punya perasaan.Janganlah mengecewakan pengunjung dengan sengaja membuat judul yang menipu atau menjebak. Imbasnya, pengunjung akan menjadi kurang simpati dengan blog anda. Akhirnya, kemungkinan besar ia cuma mampir sebentar dan lalu akan segera ngacir ke blog lain untuk mencari artikel yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tentu saja hal ini kurang baik bagi peningkatan page view blog anda bukan? Anda cuma berhasil memperoleh trafik (sesaat). Namun anda gagal mengikat dan memikat pengunjung tersebut untuk lebih lama mampir atau lebih banyak meng-klik link-link artikel lain pada blog anda.

7. Sisipkanlah minimal 1 link inbound dalam
setiap postingan anda.
Link inbound yaitu link yang tertuju pada salah satu halaman artikel di blog anda (bukan link menuju halaman blog/website lain).

Nah, dengan menyisipkan link inbound dalam setiap postingan anda (yang menuju ke halaman artikel/postingan lain), diharapkan pembaca akan penasaran meng-kliknya. Terlebih jika pembaca merasa perlu meng-kliknya karena dianggap sangat berkaitan dengan topik postingan yang sedang dibacanya.

Untuk itu, anda perlu menyesuaikan link inbound yang akan disisipkan tersebut dengan tema/topik yang sedang anda bahas di postingan. Semakin berkaitan dengan topik, maka akan semakin berpotensi untuk di-klik oleh pembaca. Terlebih jika secara sopan dan halus, anda ikut mendorong pembaca untuk meng-kliknya.

Untuk lebih menarik perhatian pembaca agar meng-kliknya, anda bisa berikan warna berbeda pada link tersebut. Bila perlu, dicetak tebal. Bisa pula disetting agar bergaris bawah saat disorot oleh mouse.

***

Sebenarnya masih ada beberapa tips lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan page view blog anda. Misalnya dengan memasang menu Recommended Post (yang isinya berupa daftar link artikel-artikel penting yang sekiranya dibutuhkan oleh pengunjung blog anda). Ini jika blog anda sudah punya banyak postingan yang berbobot atau bernilai manfaat tinggi untuk jangka panjang.

Atau bisa juga anda pasang menu Popular Post (yang isinya berupa daftar link postingan yang paling banyak dikomentari).

***

Nah, semoga tips-tips di atas bisa berguna bagi anda. Semua tips di atas saya dasarkan atas hasil pengamatan dan pembelajaran pada blog-blog yang punya page view harian tinggi. Saya sendiri masih belum maksimal dalam menggunakannya.

Tidak ada komentar: