Halaman

Sabtu, 26 Juni 2010

Bagaimana cara membuat blog Wordpress dan hosting GRATIS di Byethost.com

Tutorial kali ini saya tujukan buat pemula dan yang belum berpengalaman membuat hosting gratis di Byethost.com. Mengapa saya memilih Byethost.com? Karena Byethost.com memberikan web space sampai 5GB dan bandwidth 2GB per bulan untuk free hosting dan masih banyak lagi fitur-fitur yang lain.
Setelah mengikuti tutorial ini anda diharapkan akan mampu:
- membuat account free hosting di http://byethost.com/
- meng-upload file Wordpress ke server Byethost.com dan menempatkan pada tempat yang benar
- membuat blog dengan menggunakan Wordpress
Secara garis besar tutorial ini saya bagi jadi dua bagian, pertama membuat account di http://byethost.com/ dan yang kedua membuat blog dengan Wordpress (Wordpress Self Hosted)


Membuat Free Hosting Account di Byethost.com
Langkah pertama buka http://byethost.com/index.php/free-hosting, lalu klik tulisan “Click here to sign up for free hosting
03_daftar_hosting


Lalu isi form yang diberikan, pastikan e-mail yang anda isi benar karena untuk pengaktifan account dan klik tombol Register.
04_isi_form
Kemudian klik tombol “Click Me to Continue
05_clickme
Input verification word dan klik tombol Register.
06_verification
Lalu cek e-mail anda.
07_cek_email
Anda akan menerima e-mail dari byethost.com, buka e-mail tersebut.
08_email
Dan klik pada link yang diberikan.
09_buka_email
Lalu isi verification word dan klik tombol Register.
10_verify
Berikutnya akan ditampilkan summary account anda. Hati-hati karena di summary tersebut ada password web hosting anda.
11_info
Klik “Download my account settings” untuk menyimpan summary tersebut dalam bentuk PDF file.
12_saved
Simpan file tersebut ke komputer anda. Sekali lagi hati-hati menyimpannya karena ada password account anda di sana.
13_pdf_file
Jika dibuka, file PDF tersebut memiliki tampilan sebagai berikut. Informasi yang ada di sana akan kita perlukan ketika kita membuat blog dengan Wordpress.
14_isi_file_pdf
Sekarang login ke Vista Panel, klik tulisan “Click here to log into your VistaPanel”, sehingga akan muncul tampilan berikut. Masukan username dan password yang telah diberikan tadi (bisa dilihat di file PDF yang telah disimpan ke komputer). Dan klik tombol Login.
15_login
Pembuatan account di Byethost.com selesai. Dan ini tampilan VistaPanel yang berisi informasi tentang hosting anda. Langkah selanjutnya mengupload file Wordpress.
16_control_panel
Note: jika anda ingin menggunakan addon domain, misalnya anda sudah memiliki sebuah domain name, namaanda.com atau namaanda.co.cc, lakukan penambahan addons domain sebelum melanjutkan ke langkah Membuat Blog Menggunakan Wordpress. Di bagian Domains menu, klik Addon Domains dan tambahkan addon domain anda.

Membuat Blog Menggunakan Wordpress
Setelah pembuatan account di Byethost.com selesai, berikutnya meng-upload file Wordpress ke hosting server dengan menggunakan FTP Client. Dalam contoh ini saya menggunakan FileZilla. Jika belum punya silakan download di sini GRATIS.
Ada tiga hal yang akan dilakukan dalam tahap ini:
1. Meng-upload file Wordpress ke server hosting
2. Membuat database MySQL untuk digunakan oleh Wordpress
3. Melakukan penginstallan blog Wordpress.
Langkah pertama adalah mendownload file Wordpress, buka http://wordpress.org/, dan klik tombol Download Wordpress 2.9.1. Wordpress juga tersedia dalam versi Bahasa Indonesia. Klik di tulisan Bahasa Indonesia jika ingin Wordpress versi berbahasa Indonesia.
01_download_wp
Setelah selesai download, unzip file tersebut. Jika tidak punya software unzip, silakan download 7-Zip di sini GRATIS.
02_unzipfile_wp
Jalankan FileZilla, isi FTP host, username, dan password. Jika lupa lihat kembali file PDFnya. Lalu klik tombol Quickconnect. Sebelah kiri browse ke folder wordpress yang telah anda unzip sebelumnya. Dan sebelah kanan klik folder htdocs. 17_filezilla
Note: jika anda menggunakan addon domain, maka masuk ke addon domain folder terlebih dulu, baru masuk ke folder htdocs.

Pastikan tampilannya seperti di bawah ini, khususnya tampilan sebelah kanan. Untuk memastikan anda mengupload file ke tempat yang benar. Sebelah kiri, gunakan keyboard Ctrl+A untuk memilih semua file dan folder, lalu klik kanan dan pilih Upload.
18_upload
Tunggu selama proses berlangsung.
19_1_proses_upload
Jika sudah selesai, pastikan tidak ada yang “Failed transfers”.19_2_upload_done
Jika ada, klik kanan pada Failed transfers, pilih Reset and requeue selected files. Jika filenya lebih dari satu, select semua. Gunakan tombol Shift atau Ctrl untuk men-select lebih dari satu files. Lalu klik kanan pada Queued files dan pilih Process Queue. Tunggu sampai ter-upload semuanya.
Setelah semua file sudah diupload, berikutnya membuat database MySQL. Masuk ke VistaPanel di Byethost.com, di bagian Database Management klik MySQL Database.
20_buat_database Ketik nama database yang diinginkan, lalu klik Create Database.
21_create
Berikutnya catat nama databasenya karena akan diperlukan di langkah selanjutnya.
22_nama_database

Sekarang masuk ke tahap penginstallan Wordpress. Jalankan web browser anda, misalnya Mozilla Firefox atau Internet Explorer, lalu buka alamat website URL anda, jika lupa lihat file PDF (masih ingatkan file PDF ketika pembuatan account hosting?). Jika anda menggunakan addon domain dengan domain namaanda.com atau namaanda.co.cc, maka itulah URL website anda, tidak perlu melihat PDF file karena tidak ada di sana.
Ketika anda membuka alamat website anda, jika langkah-langkah sebelumnya dilakukan dengan benar, maka anda akan mendapatkan tampilan error berikut. Klik tombol Create a Configuration File.
23_buka_website
Lalu klik tombol Let’s go!
24_klik_letsgo
Isi data yang diperlukan, database name (nama database MySQL yang telah anda buat), User Name, Password, dan Database Host (lihat PDF file). Table Prefix dibiarkan saja juga boleh, ada yang menyarankan diganti agar lebih aman, misalnya “tr_”. Lalu klik tombol Submit.
25_info_wp
Note: jika anda menggunakan hosting berbayar, Database Host biasanya “localhost” saja. Tidak perlu diganti.
Klik tombol Run the Install
26_run_install
Selanjutnya isi Blog Title dan alamat e-mail anda. Blog title dan alamat e-mail ini masih bisa diganti kemudian. Check “Allow my blog  appear…” jika ingin blog anda diketahui Google. Lalu klik tombol Install Wordpress.
27_install
Catat username dan password. Password bisa di-copy saja, lalu klik tombol Log In.
28_catat_passwd
Ketik username “admin” dan paste-kan password yang telah anda copy sebelumnya. Lalu klik tombol Log In.
29_login_wp
Proses penginstallan Wordpress sudah selesai. Segera ganti password user “admin” tadi dengan yang mudah diingat. Klik “Yes, take me to my profile page”.
30_done_wp
Scroll ke bawah dan ketikan password baru yang mudah diingat dan klik Update Profile untuk menyimpan password baru.
31_ganti_passwd
Saya sarankan sebaiknya anda membuat user baru dengan nama anda sendiri dan berikan hak akses sebagai Administrator. Untuk membuat user baru ikuti langkah berikut:
- Di menu sebelah kiri, klik Users,
- Lalu klik tombol Add New,
- Lengkapi data yang diperlukan, di bagian Role, pilih Administrator. Alamat e-mail yang digunakan harus berbeda dengan yang digunakan oleh user admin, anda bisa membuat sembarang alamat e-mail, nanti bisa diganti lagi.
- Log out user admin, lalu log in ulang dengan menggunakan user baru yang anda buat.
- Lalu klik di menu Users dan delete user admin. Lalu update alamat e-mail anda.
Silakan buka alamat website anda, dan mestinya anda akan mendapati tampilan default blog Wordpress sebagai berikut. Selanjutnya anda bisa mempercantik tampilan blog anda dengan mengunakan theme, widget, plugin, dll. Silakan ikuti tutorial-tutorial berikutnya.
32_tampilan_default
Proses upload, membuat MySQL database, dan penginstallan Wordpress juga sama untuk hosting berbayar.

Tidak ada komentar: